Pengaruh Profesionalisme Tenaga Kesehatan terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan melalui Kualitas Pelayanan dan Kerja Tim di Puskesmas Jongaya Kota Makassar

Authors

  • Waldi ITB Nobel Indonesia Makassar
  • Asri ITB Nobel Indonesia Makassar
  • Sylvia Sjarlis ITB Nobel Indonesia Makassar

DOI:

https://doi.org/10.38531/jambir.v2i2.62

Keywords:

Profesionalisme, Kualitas Pelayanan, Kerja Tim, Kinerja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Pengaruh Profesionalisme Tenaga Kesehatan Terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan Melalui Kualitas Pelayanan dan Kerja Tim di Puskesmas Jongaya Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Jongaya Kota Makassar, yang berlangsung selama kurang lebih 2 (dua) dari April s/d Mei 2022. Penelitian ini menggunakan adalah deskriptif analitis dengan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah seluruh tenaga kesehatan sebanyak 54 orang, dengan tehnik total sampling, sehingga sampel penelitian adalah 54 tenaga kesehatan. Tehnik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme tenaga kesehatan, kualitas pelayanan dan kerja tim memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara langsung terhadap kinerja tenaga kesehatan di Puskesmas Jongaya Kota Makassar. Namun demikian, kontribusi terbesar ditunjukkan pada variabel kerja tim sehingga mengoptimalkan kinerja tenaga kesehatan di Puskesmas Jongaya Kota Makassar akan lebih efektif dengan kerja tim. Penelitian ini memberikan sumbangsih bahwa kerja tim dapat menjadi solusi terkait permasalahan kinerja yang ada di Puskesmas Jongaya Kota Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anoraga Panji. (2014). Psikologi Kerja. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Astuti. (2019). Pengaruh Profesionalisme, Iklim Kerja Dan Integritas Terhadap Kinerja Pegawai Di Puskesmas Rambah (Doctoral dissertation, Universitas Pasir Pengaraian).

Bachtiar. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Batam: Iteraksa.

Bustami, B. (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.

Handayani, S., Fannya, P., & Nazofah, P. (2018). Faktor yang berhubungan dengan kinerja tenaga kesehatan di rawat inap RSUD Batusangkar. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 3(3), 440-448.

Harefa, Andrias. (2004). Membangkitkan Etos Profesionalisme. Jakarta: Gramedia. Pustaka Utama

Hasibuan, R. (2017). Pengaruh Kesehatan Dan Keselamatan Kerja, Pelatihan Dan Kerja Tim Terhadap Kinerja Tenaga Medis Di Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam. Jurnal Dimensi, 6(2).

Hoegl, M., & Gemuenden, H. G. (2005). Teamwork Quality and the Success of Innovative Projects : a Theoretical concept and Empirical Evidence Organization Science, 12, 435-449

Mokosolang, M., Liando, D. M., & Sampe, S. (2021). Pengaruh Profesionalisme Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Dalam Pencegahan Penularan Covid-19 di Kabupaten. Governance, 1(1).

Michalko, M. (2003). Einstein’ teamwork secret. Academy of Management Journal, 38 (1), 24–59

Mubarak, W, I & Chayatin, N. (2009). Ilmu Keperawatan Komunitas Pengantar dan Teori. Jakarta : Salemba Medika

Munthe, dkk. (2021). Pengaruh Profesionalisme Kerja Bidan Desa Terhadap Penyelenggaraan Program Kesehatan Ibu Dan Anak Di Wilayah Kerja Puskesmas Mapaddegat Kabupaten Kepulauan Mentawai Tahun 2020. Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (Jukmas), 5(1), 77-92.

Rislaputri, A. (2019). Upaya Peningkatan Capaian Program Stimulasi, Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK) Melalui Teamwork Quality (Studi di Puskesmas Kabupaten Sidoarjo) (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Robbins, P. S., Coutler, & Mary. (2016). Human Resources Management. Edisi 16, Jilid 1. Salemba Empat.

Rosita, R., & Nurlinawati, I. (2021). Penempatan Bidan Sebagai Tenaga Pelaksana Gizi Di Puskesmas: Profesionalisme dan Kebutuhan Organisasi. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 24(2), 79-88.

Safitri, L. I., Husniati, R., & Permadhy, Y. T. (2021). Pengaruh Teamwork, Disiplin Kerja, dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Karyawan: Studi di Rumah Sakit X Jakarta Selatan. Studi Ilmu Manajemen Dan Organisasi, 2(2), 125-137.

Saryadi, S., & Wulandari, R. M. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan Dengan Komunikasi Terintegrasi Dan Kepuasan Pasien Rawat Inap Sebagai Intervening (studi pada RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten).

Siregar, K. H. (2020). Pengaruh profesionalisme kerja karyawan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. ISS indonesia medan. Jurnal Visi Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, 2(1), 1-12.

Tamrin, A. S., Rumapea, P., & Mambo, R. (2017). Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan pada Kantor PT. Taspen Cabang Manado”. Jurnal Administrasi Publik, 3(046).

Tuegeh, dkk. (2018). Pengaruh Profesionalisme Bidan Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak Di Puskesmas Tatelu. Jurnal Administrasi Publik, 4(49).

Usman, U. (2016). Analisis Kinerja Tenaga Kesehatan pada Puskesmaslapadde Kota Parepare. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 12(1), 21-28.

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles